6 Manfaat Kulit Jeruk di Dunia Kesehatan dan Kecantikan

  • Whatsapp
Manfaat Kulit Jeruk

Biasanya orang akan membuang kulit jeruk ke dalam tong sampah. Padahal ada banyak manfaat kulit jeruk yang baik untuk kesehatan atau kecantikan.

Jeruk adalah buah yang memiliki banyak nutrisi, terutama vitamin C. Rasanya yang asam dan manis membuat semua orang menyukai buah yang satu ini. Apa saja manfaat dari kulit jeruk?

6 Manfaat Kulit Jeruk Mulai untuk Kulit Sampai Wajah

Lain selain daging buahnya yang memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Ternyata kulit jeruk juga tidak kalah manfaatnya dengan dagingnya. Dalam artikel gizi kali ini akan membahas berbagai macam manfaat dari kulit jeruk untuk kesehatan.

Bahan tambahan diet

Bukan hanya buahnya saja, ternyata kulit jeruk juga bisa dimakan. Pilih buat jeruk yang manis dan segar dari perkebunan organik, sehingga tidak tercemar pestisida.

Hilangkan bagian putih di balik kulit jeruk, kemudian rendam di dalam air panas. Perendaman air panas tersebut berguna untuk melepaskan pestisida dan melunakkan tekstur kulit jeruk yang keras.

Iris tipis-tipis kulit jeruk dan bisa dimakan bersama racikan teh atau salad.

Mencegah penyakit kanker

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kulit jeruk mengandung flavonoid. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya protein yang terkait dengan kanker.

Selain itu kulitnya juga mengandung ya senyawa lain yang disebut lemonene, yang bisa mengurangi risiko kanker. Ada juga yang mengungkapkan kalau kulit jeruk bisa menghalangi aktivitas sel kanker.

Meningkatkan kesehatan paru

Adanya kandungan vitamin C yang baik pada kulit jeruk, sehingga baik untuk membersihkan paru-paru. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi pada paru-paru.

Kulit jeruk bisa membantu mengeluarkan dahak dan membersihkan paru-paru. Imunitas yang semakin meningkat juga bisa mencegah terkena penyakit lain seperti flu atau batuk.

Mencegah diabetes

Kulit jeruk mengandung banyak pektin, yaitu serat yang terkenal kadar gula darah. Tentunya adanya syarat tersebut membantu penderita diabetes.

Memperkuat jantung

Kandungan flavonoid pada kulit jeruk terbukti untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menurunkan darah tinggi. Kulit jeruk mengandung anti inflamasi.

Penyakit jantung disebabkan oleh peradangan. Oleh karena itu kulit jeruk bisa memperkuat jantung. Kandungan senyawa lainnya juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dibandingkan memakai obat tertentu.

Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat selanjutnya untuk kulit jeruk adalah untuk kesehatan mata. Dalam beberapa sumber mengatakan bahwa senyawa di dalam kulit jeruk seperti limonene, decanal, dan citral bisa membantu meningkatkan kesehatan mata.

Senyawa-senyawa tersebut mengandung anti inflamasi, sehingga melawan infeksi dan meningkatkan penglihatan.

Itulah beberapa manfaat kulit jeruk bagi kesehatan. Kini tidak perlu lagi membuang kulit jeruk ke tong sampah. Karena manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Ingat jangan berlebihan untuk konsumsi kulit jeruk, karena memiliki efek samping.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *