Langkah Menabung Ala-ala Orang Jepang Ini Ditanggung Buat Kamu Cepat Kaya!

  • Whatsapp

Selainnya dikenali ulet dan karyawan keras, orang Jepang mengaplikasikan pola hidup irit dengan tidak menghambur-hamburkan uang untuk hal yang kurang dibutuhkan. Maka dari itu, Pintek ingin share langkah menabung ala-ala orang Jepang agar kamu cepat kaya raya.

Langkah Menabung Ala-ala Orang Jepang Ini Ditanggung Buat Kamu Cepat Kaya!

Langkah menabung yang banyak dilaksanakan oleh orang Jepang yakni menabung dengan memakai sistem Kakeibo yang telah terkenal di Negeri Sakura itu semenjak tahun 1994 dan masih diaplikasikan sampai sekarang ini. Untuk memperjelasnya, yok baca pembahasan selengkapnya berikut ini. Tetapi sebelumnya, ketahui lebih dulu argumen keutamaan menabung.

Keutamaan menabung

Untuk beberapa orang di Indonesia, panduan menabung dengan memakai sistem Kakeibo termasuk masih asing. Masalahnya tiap di Indonesia sendiri mempunyai langkah menabung sendiri yang telah ada dari dulu. Tidak perlu jauh, semenjak kecil orang-tua kita telah mengajari untuk menyisihkan uang jajan untuk ditabung ke celengan. Tidak hanya itu, di sekolah juga guru mengharuskan pelajar-siswinya untuk teratur menabung dan dicatat di buku tabungan.

Sayang, seiring waktu berjalan, adat menabung yang telah diaplikasikan semenjak kecil seolah lenyap ditelan bumi. Bahkan juga, cukup banyak orang yang selalu tidak berhasil menabung dengan argumen tingginya tuntutan hidup. Walau sebenarnya berapa saja pendapatan yang kamu peroleh, kamu harus tetap menyisihkan uang kamu untuk ditabung untuk masa datang yang lebih bagus. Untuk mengelola keuangan, kamu dapat mengaplikasikan teori 50/20/30 yang ditenarkan oleh Elizabeth Warren.

Warren yang profesinya sebagai profesor di Kampus Harvard dan seorang ahli keuangan di Amerika Serikat merekomendasikan supaya kita membagikan pendapatan ke tiga pos keuangan, misalnya:
50 % untuk tuntutan hidup setiap hari terhitung bayar angsuran.
20 % diarahkan ke tabungan dan investasi.
30 % bisa dipakai untuk penuhi keperluan pola hidup seperti berbelanja sampai kongkow di cafe.
Dengan mengaplikasikan teori itu, ditanggung kamu dapat penuhi semua keperluan tanpa perlu pusing memikirkan uang yang selalu habis sesudah terima gaji.

Kakebo, langkah menabung orang Jepang

Warga Jepang jalani sistem Kakebo dengan arah buat mengatur semua pengeluaran seminimal mungkin. Triknya lumayan gampang yakni dengan menulis tiap detail uang yang telah mereka mengeluarkan dan dipelajari tiap minggu.

Maka tiap awalnya bulan, mereka akan menulis semua uang yang hendak dipakai sepanjang sebulan untuk keperluan setiap hari. Dalam prakteknya, orang Jepang umumnya akan membagikan pengeluaran ke empat kelompok, misalnya:

Kelompok pertama diarahkan untuk kepentingan ongkos sekolah, makan, transportasi, kesehatan, angsuran dan yang lain.
Kelompok ke-2 akan dipakai untuk keperluan opsional seperti berbelanja sampai makan di luar.
Kelompok ke-3 untuk keperluan selingan seperti internet, rekreasi dan lain-lain.
Kelompok ke-4 ialah pengeluaran extra yang juga bisa jadi pengeluaran tidak tersangka.
Sesudah mengubah pengeluaran keempat kelompok itu, mereka akan menulis dengan detail berapakah uang yang bisa disisihkan untuk ditabung. Semua pengeluaran itu harus dicatat tiap awalnya bulan supaya lebih gampang bila terjadi kekeliruan atau harus direvisi.

Pada tiap minggunya, mereka akan lakukan penilaian apa uang yang dikeluarkan telah sesuai pos masing-masing.Dengan demikian, mereka jadi mempunyai deskripsi hal pengeluaran harian, mingguan dan bulanan. Untuk memberikan dukungan implementasi menabung dengan memakai sistem Kakeibo, mereka akan simpan semua tanda terima belanjaan.

Menabung dengan sistem Kakeibo memang kedengar kuno. Namun bila dilaksanakan dengan stabil, uang di tabungan kamu akan segunung.

 

kunjungi juga Pusat Kursus Bahasa Inggris

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.