Mengenal Pengertian Asas Finansial Faktor dalam Pemungutan Pajak

  • Whatsapp
asas finansial

Dalam pemungutan pajak ada beberapa asas yang dipertimbangkan, salah satunya adalah asas financial. Perlu diketahui asas finansial adalah asas paling penting yang sering digunakan untuk pertimbangan pemungutan pajak yang akan dilakukan.

Mengenal Asas Finansial

Pertama ada baiknya untuk mengenal apa itu asas finansial. Jadi asas finansial ini merupakan prinsip dasar pemungutan pajak yang dilakukan berdasarkan kondisi keuangan ataupun pendapatan yang diterima oleh si wajib pajak.

Karena menyebutkan kondisi keuangan, maka tidak hanya melihat dari pendapatan saja tapi juga dari beban keuangan yang ditanggung si wajib pajak. Hal inilah yang kemudian menyebabkan adanya perbedaan terhadap nominal terhadap pajak.

Perhatikan juga resesi ekonomi supaya finansial kamu tetap aman.

Asas Lainnya dalam Pemungutan Pajak 

1. Ekonomi

Selain asas finansial, asas ekonomi juga merupakan hal lainnya yang dipertimbangkan dalam pemungutan pajak. Di sini dipertimbangkan bahwa pajak yang dipungut harus digunakan sesuai dengan kepentingan umum, dan bukan kepentingan pribadi.

2. Yuridis

Pemungutan pajak tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena harus didasari dengan hukum yang sudah ditetapkan oleh negara. Dalam hal ini hukum terseubut adalah peraturan perundang-undangan.

3. Umum

Asas umum di sini berarti kegiatan pemungutan pajak, dan penyalurannya harus didasarkan pada keadilan umum atau keadilan masyarakat banyak. Karena itu pemungutan pajak ini harus didasari dengan perhitungan yang jelas.

4. Kebangsaan 

Semua orang yang lahir dan kemudian tinggal di Indonesia wajib membayar pajak, apabila dirinya memenuhi syarat menjadi seorang wajib pajak. Tidak ada warga negara yang dibeda-bedakan dalam hal pemungutan pajak ini.

5. Sumber

Asas sumber di sini maksudnya adalah sumber atau dasar pemungutan pajak yang sesuai dengan asal objek pajak yang dikenakan. Hal ini dapat berdasarkan asal tempat, atau juga domisili dari wajib pajak.

6. Wilayah 

Terakhir ada asas wilayah yang ditetapkan berdasarkan dari wilayah tempat tinggal atau domisili dari si wajib pajak.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa investasi kripto dengan udah untuk menghasilkan finansial yang baik.

Sekarang wajib pajak sudah mengetahui bahwa asas finansial adalah sesuatu yang penting, dan pemungutan pajak tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *